Announcement

Collapse
No announcement yet.

Berkreasi Dengan Smart Breaker Agar Listrik Gak Jepret Setelah Mati Listrik

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Berkreasi Dengan Smart Breaker Agar Listrik Gak Jepret Setelah Mati Listrik

    Click image for larger version

Name:	breaker.jpg
Views:	17
Size:	18.1 KB
ID:	4303
    Kadang kita suka kesal saat malam hari terutama tiba tiba mati listrik dan kemudian nyala lagi tetapi MCB pada meteran kita turun atau sering disebut JEPRET.
    Ini terjadi karena pada malam hari relatif hampir semua alat listrik kita pada posisi hidup atau standby, baik TV, AC, water heater, mesin air, kulkas, lampu dan lain lain sehingga saat pertama kali listrik nyala maka daya yang dibutuhkan akan cukup besar. Hal ini yang menyebabkan mcb jadi turun, dan kadang kita gak sadar apakah ini masih mati listrik atau mcb turun.
    Breaker ini bisa dimanfaatkan agar pada saat listrik nyala kembali maka alat elektronik kita, terutama yang membutuhkan daya awal cukup tinggi tidak nyala secara bersamaan.
    Caranya sederhana sekali, kita pasang smart breaker pada stop kontak alat alat elektronik tersebut, lalu kita pairing ke aplikasi BARDI APP atau Smart Life.
    Setelah terinstall, kita posisikan Relay Status pada posisi OFF (ada di menu setting smart breaker)
    Click image for larger version

Name:	WhatsApp Image 2021-07-17 at 19.10.09 (1).jpeg
Views:	17
Size:	14.4 KB
ID:	4304
    Mengapa kita set pada posisi OFF? Ini kita setting agar pada saat listrik kembali nyala, maka breaker akan dalam posisi OFF / mati dan tidak ada aliran listrik menuju perangkat elektronik.
    Lho, lantas bagaimana dengan alat elektronik seperti kulkas bila listrik kembali nyala dan kulkas tetap mati?
    Disinilah fungsi fitur smart breaker ini akan bekerja.. caranya adalah :
    Kita buat sebuah otomasi / automation seperti skema dibawah ini
    Click image for larger version

Name:	WhatsApp Image 2021-07-17 at 19.10.09.jpeg
Views:	18
Size:	26.1 KB
ID:	4305
    Pada automation tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut ;
    status breaker di aplikasi digolongkan menjadi 3 yaitu Offline (bila smart breaker tidak terbaca oleh aplikasi BARDI / Smart life karena mati listrik atau device tidak terhubung ke router), OFF (bila breaker dalam kondisi OFF tetapi kondisi listrik hidup dan terhubung ke router, dan ON (bila breaker dealam kondisi ON , kondisi listrik hidup dan terhubung ke router).
    Saat mati listrik , otomatis router dan breaker akan mati sehingga statusnya OFFLINE, Ketika listrik nyala kembali maka breaker akan terhubung kembali ke router dan posisinya adalah OFF (karena relay status sudah kita buat OFF).
    Kemudian kita tambahkan delay sesuai keinginan kita (dalam contoh pada gambar saya buat 5 menit), dan task berikutnya saya buat breaker dalam posisi ON.
    Artinya, saat listrik nyala maka breaker akan di posisi OFF dan akan menjadi ON setelah 5 menit breaker tersebut terhubung ke router.
    Dengan demikian, perangkat elektronik tersebut tidak akan nyala bersamaan ketika listrik nyala dan ini bisa dipasang pada beberapa perangkat elektronik yang membutuhkan daya besar.
    Mudah mudahan tips ini berguna.. selamat mencoba...
Working...
X